30.6 C
Jakarta
Sabtu, Juni 12, 2021

Dunia Digital Generasi Milenial

Oleh: Hasanuddin Ali S.Si., M.Si
Deputy of Digital Economy CICSR

Komposisi penduduk Indonesia mengalami pergerseran baik dari sisi geografis maupun demografis,  berdasarkan estimasi Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 penduduk Indonesia mencapai 268 juta dan akan mencapai 305,6 juta pada tahun 2035, persentase penduduk Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa menurun dari 57,4% pada tahun 2010 menjadi 54,7% pada tahun 2035. Sebaliknya Persentase penduduk yang tinggal di pulau-pulau lain meningkat, seperti, Pulau Sumatera naik dari 21,3 % menjadi 22,4 %, Kalimantan naik dari 5,8 % menjadi 6,6 % pada periode yang sama.

Dari sisi demografi, lebih dari 34% penduduk Indonesia tahun 2015 adalah penduduk muda yang berusia 15 – 34 tahun, bahkan untuk daerah perkotaaan seperti DKI Jakarta penduduk mudanya bisa mencapai lebih dari 40%. Mereka ini adalah penduduk yang lahir antara 1981 sampai 1999, mereka inilah yang kemudian dikenal sebagai generasi millennial. Millennials (juga dikenal sebagai Generasi Millenial atau Generasi Y) adalah kelompok demografis (cohort) setelah Generasi X yang lahir tahun 1965 – 1980.

Karakter Milenial
Hasil riset yang dirilis oleh Pew Research Center menunjukkan keunikan generasi millennial dibanding generasi-generasi sebelumnya. Perilaku yang mencolok dari generasi milenial soal penggunaan teknologi dan budaya pop/ musik. Kehidupan generasi millennial tidak bisa dilepaskan dari teknologi terutama, internet, entertainment/ hiburan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi generasi ini.

Generasi Milenial setidaknya memilki tiga karakter utama yaitu, Pertama, Confidence, mereka ini orang yang sangat percaya diri, berani mengemukakan pendapat dan tidak sungkan-sungkan berdebat di depan publik. Kedua, creative, mereka adalah orang yang biasa berpikir out of the box, kaya akan ide dan gagasan dan mampu mengkomunikasikan ide dan gagasan itu dengan cemerlang. Ketiga, connected, mereka adalah pribadi-pribadi yang pandai bersosialisasi terutama dalam komunitas yang mereka ikuti, mereka juga aktif berselancar di sosial media dan internet.

Konsumsi internet generasi milenial Indonesia memang sangat tinggi, hasil riset Alvara Research Center pada akhir 2016 menunjukkan rata-rata generasi milenial menghabiskan waktu lebih dari 7 jam sehari berselancar didunia maya, jauh lebih tinggi dari Gen X yang mengakses internet rata-rata 3-4 jam sehari.

Pola konsumsi internet ini juga tercermin pada kebiasaan dan perilaku mereka dalam menggunakan ponsel mereka. Generasi milenial lebih banyak menggunakan fitur-fitur ponsel yang membutuhkan koneksi internet seperti social media, instant messaging, dan browsing, sebaliknya baby boomers justru sebaliknya lebih cenderung menggunakan fitur ponsel yang tidak membutuhkan koneksi internet seperti telephone dan SMS.

Selain itu ketika mereka ditanyakan topik apa yang menarik untuk diperbincangkan, milenial lebih tertarik memperbincangkan tiga topik yakni  olahraga, music/film, dan IT. Gen X menyukai pembicaraan soal social/politik, ekonomi, dan budaya. Sementara Baby Boomers lebih suka memperbincangkan soal keagamaan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,014FansSuka
2,810PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles